SAMARINDA. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau kini lebih dikenal dengan sebutan BPJamsostek, terus berupaya meningkatkan layanannya. Bukan saja peningkatan dari sisi layanan digital, edukasi kepada klien tak ketinggalan, lewat layanan “jemput bola”. Seperti dilakukan dua Account Representative Khusus, Edo Pradana dan Ade Ilma Nashrullah yang menyambangi kantor Redaksi Samarinda Pos, Kamis (24/11).
Kedatangan keduanya untuk memberikan edukasi tentang layanan BPJamsostek hingga membuka ruang tanya jawab terkait layanan yang diberikan. “Silakan pak, kalau ada hal-hal kurang jelas selama ini yang mau ditanya,” ujarnya usai memberikan penjelasan tentang proses layanan BPJamsostek.
Wakil Direktur Samarinda Pos Abdul Azis tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk bertanya berbagai hal terkait layanan BPJamsostek. Mulai proses penonaktifan hingga proses klaim, baik kecelakaan, kematian hingga tunjangan hari tua. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ada beberapa pengalaman terkait hal tersebut. Edo dan Ade memberikan penjelasan lugas terkait berbagai proses klaim yang ditanyakan hingga estimasi waktunya.
Menggapi penjelasan yang diberikan, Azis merasa lega. “Ini semakin mempermudah kami sebagai perserta BPJamsostek membantu karyawan ketika melakukan proses klaim. Apalagi, kini banyak proses klaim dilakukan secara daring atau online. Akses akses ini makin mempermudah dalam percepatan layanan,” katanya. Sebagaimana diketahui, BPJamsostek menyiapkan layanan daring melalui JMO atau Jamsostek Mobile dan Lapak Asik. Kedua layanan digital ini, didesain untuk memudahkan penyampaian informasi tentang layanan, termasuk memudahkan karyawan atau peserta BPJamsostek melakukan proses klaim, tanpa harus mengantri di kantor cabang. Karena mereka juga harus bekerja dan terkadang tidak dapat meninggalkan pekerjaannya.
Sedangkan kantor cabang hanya buka hari hari kerja seperti Senin sampai dengan hari Jumat. Maka bagi karyawan-karyawan dan juga tenaga kerja lainnya yang menginginkan klaim atau juga mengadukan keluhan, maka bisa melalui aplikasi ini. Karena aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang bisa melayani Anda berikut ini beberapa fitur dan layanan yang terdapat dalam aplikasi ini, antara lain pengkinian atau memperbarui data, pengajuan dan pelacak klaim Jaminan Hari Tua (JHT), mengecek saldo, kartu digital, serta masih ada sejumlah fitur lainnya. (ama/rin)