WUJUD. transparansi layanan dalam koperasi Credit Union dalam jaringan Puskopcuina adalah melakukan digitalisasi layanan. Puskopcuina telah bekerjasama dengan salah satu vendor yang berpengalaman melayani perbankan di Indonesia, untuk membangun sistem informasi teknologi yang terintegrasi agar tercipta layanan keuangan berkualitas bagi anggotanya, melalui sebuah aplikasi bernama ESCETE.
Setidaknya ada tiga layanan diberikan melalui aplikasi ini. Pertama, Core ESCETE. Ini merupakan aplikasi core banking, untuk mencatat transaksi secara online atau real time sampai kelaporan keuangan dengan menggunakan CoA standar dari Puskopcuina.
Sehingga, neraca, PHU, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan CALK, kemudian analisis rasio, analisis PEARLS, posisi pinjaman dan konsolidasi laporan tersaji setiap saat, bisa diakses kapan saja. Kelebihan lainya, dengan menggunakan core ESCETE, CU dapat memberikan pelayanan kas keliling online menggunakan mobil, melakukan tarik tunai, dari mesin Cardless Cash Machine (CCM).
Anggota juga bisa melakukan setor tunai simpanan pada mesin Cardless Deposit Machine (CDM) dan Corporate Debit Card (CDC), yakni kartu ATM yang dapat digunakan di seluruh ATM yang berlogo GPN, serta dapat ditarik disemua ATM bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di seluruh Indonesia. Layanan kedua, berupa mobile ESCETE. Aplikasi ini memudahkan anggota CU bertransaksi, baik di CU maupun di luar CU, seperti fitur transfer bank, transfer antar rekening dan antar CU.
Bill payment (pembelian paket data dan pulsa ponsel, token listrik, pembayaran tagihan PLN, TV kabel, top up OVO, Dana, Go Pay, setor dan tarik tunai di loket Sahabat Alfamart dan lainnya. Layanan ketiga, adalah sMart CU. Ini merupakan sarana pemasaran produk usaha anggota atau kelompok binaan dalam jaringan Pukopcuina. Setidaknya ada 4 produk yang dipasarkan pada sMartCU, yakni hasil tani, kerajinan tangan, makanan dan produk lain dengan mengakses www.smartcu.id.
Ketua Puskopcuina Marselus Sunardi menyatakan, layanan digital ini bertujuan memberikan kenyaman layanan kepada anggota CU. Apalagi ini telah era digital, dimana banyak layanan sudah menggunakan akses digital. Di samping itu, layanan digital menghemat waktu layanan dan menembus jarak. (*)